23 Januari 2020

Energi Panasbumi di Negara Bagian California

Setelah bertahun-tahun coba menggunakan sumber energi tenaga surya dan angin, Negara bagian California yang terletak di pesisir barat Amerika Serikat kembali “melirik” sumber energi panasbumi. Beberapa point penting kenapa energi listrik panasbumi (geothermal) kembali menarik digunakan di California dan sekitarnya (bagian barat negara Amerika Serikat):
  • Sumber energi baru dan terbarukan sinar matahari (solar energy) dan angin (wind energy) lebih murah daripada sumber energi panasbumi. Tapi sifat intermitten yang melekat pada kedua sumber energi tersebut (solar dan angin) menjadi persoalan tersendiri yang cukup mengganggu. Sumber energi sinar matahari akan memberi pasokan yang cukup saat ada sinar matahari (siang hari), tapi saat malam hari, tidak ada pasokan listrik dari sumber energi ini. Memang ada teknologi baterei litium yang dapat menyimpan energi (mirip baterei hape), tapi itu hanya untuk beberapa saat pemakaian saja. Demikian juga dengan sumber energi angin. Jika ada angin ada pasokan energi, jika tidak ada angin tidak ada.
  • Sumber energi gas alam (natural gas) sebenarnya merupakan sumber energi yang paling ekonomis saat ini dan penyumbang pasokan energi mix terbesar. Tapi adanya kecenderungan yang semakin besar terhadap penggunaan “clean energy” dan penolakan aktivis terhadap energi “fosil” membuat regulator mengantisipasi penggunaan “clean energy” lain. Tambahan, perkembangan teknologi panasbumi low enthalphy dan deep geothermal akan membuat sumber energi panasbumi menjadi lebih kompetitif daripada gas alam.
  • Energi panasbumi merupakan sumber energi lokal yang melimpah yang terdapat di bagian barat negara Amerika Serikat (California dan sekitarnya). Kondisi geologi wilayah tersebut karena adanya pertemuan dua lempeng tektonik (batas antar lempeng tektonik) Samudera Pasifik dan Amerika Utara. Batas antar lempeng tersebut merupakan zona lemah (seismisitas tinggi) yang memungkinkan magma dari bawah permukaan mencapai permukaan atau dekat dengan permukaan. Magma tersebut merupakan sumber panas bagi keberadaan sistem panasbumi daerah tersebut.
Sumber: Harian Los Angeles Times
(tulisan yang sama juga dimuat di blog yang lain)