1 Oktober 2009

Gempa Bumi Tektonik Sumatra

Belum ada satupun teknologi yang benar-benar dapat memprediksi dengan tepat waktu terjadinya gempa, khususnya gempa tektonik ini. Meramal gempa ibarat main tebak-tebakan. Bermacam teori dikemukakan, berbagai hitungan dibuat, tapi tetap tidak memuaskan.

Gempa bumi merupakan kejadian yang random. Apakah gempa bumi terkait dengan posisi bulan tertentu saat mengelilingi bumi?, kondisi cuaca tertentu?, kedudukan tertentu matahari? atau apa?, tetap tidak menjawab tuntas. Yang dapat kita lakukan dengan yakin antara lain memetakan daerah-daerah rawan gempa. Tapi mengenai kapan waktu tepat terjadinya gempa mustahil dapat dijawab (sampai saat ini).



Kota Padang, lokasi Gempa Bumi Tektonik Sumatra (Rabu, 30 September 2009). Drag mouse pada peta atau klik tanda panah kiri-kanan dan tanda "+" atau "-"untuk berpindah ke lokasi lain atau untuk memperbesar atau memperkecil skala peta.

Mirip dengan kematian, jodoh, dan rezeki, gempa bumi merupakan salah satu rahasia Ilahi. Turut berduka cita atas Korban Gempa Bumi Sumatra (Padang, Bengkulu dan Jambi), Rabu dan Kamis 30-September-2009 dan 1 Oktober 2009.